Journal Review: Case Study Business Process Re-Engineering of Supply Chain Activities in Attock Petroleum Limited (APL)

 Abstrak

Organisasi di era modern sedang menghadapi banyak kesulitan karena kemajuan pesat dalam teknologi saat menggunakan teknik lama dan tradisional untuk menjalankan proses mereka . Untuk meningkatkan daya saing organisasi dan untuk meningkatkan keberlanjutan perusahaan, konsep rekayasa ulang proses bisnis diadopsi yang melibatkan desain ulang proses secara radikal dengan mengesampingkan cara dan metode yang ada. Tujuan utama dari studi kasus ini adalah untuk mengeksplorasi kemungkinan perbaikan dalam proses Attock Petroleum Limited (APL) seperti manajemen rantai pasokan dengan teknik rekayasa ulang proses bisnis karena pendekatan tradisional mempengaruhi kinerja perusahaan. Data telah dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur dari personel teknik di perusahaan dan dari situs web perusahaan.


Profil Perusahaan
APL adalah perusahaan pemasaran minyak terbesar ke-3 di Pakistan setelah minyak negara Pakistan (PSO) dan Shell dan didirikan pada tahun 1998. Tujuan utama perusahaan adalah untuk terus menyediakan produk minyak bumi yang berkualitas dan ramah lingkungan serta layanan terkait untuk industri, komersial dan konsumen eceran, dan melampaui harapan mereka melalui keandalan, ekonomi, dan kualitas produk dan layanan. APL berkomitmen untuk memberi manfaat bagi masyarakat dan memastikan terciptanya lingkungan yang aman, bertanggung jawab, dan inovatif yang diarahkan untuk kepuasan klien, kepuasan pengguna akhir, motivasi karyawan, dan pemegang saham nilai.

Presentasi Kasus
Attock Petroleum Limited (APL) bermaksud membangun infrastruktur kelas dunia untuk penerimaan dan distribusi produk minyak bumi di seluruh negeri. Setiap hari jutaan liter produk olahan diterima dari kilang melalui jaringan pipa atau truk jalan raya, disimpan dalam tangki penyimpanan dan ratusan kendaraan keluar dari instalasi minyak untuk melintasi hamparan luas Lembah Indus, gurun di selatan dan pegunungan di pegunungan. utara untuk menjangkau pelanggannya.

Rantai pasokan APL bermaksud untuk memastikan bahwa setiap produk dikirim ke pelanggannya pada waktu yang tepat dalam jumlah dan kualitas yang tepat.

Metodologi
Data telah dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur dari personel teknik di perusahaan. Bersamaan dengan itu studi ekstensif telah dilakukan dari literatur-literatur yang ada. Situs web perusahaan juga dikunjungi untuk mendapatkan informasi.

Diskusi dan Hasil

Kesimpulan
Tujuan utama dari studi kasus ini adalah untuk mengeksplorasi kemungkinan perbaikan dalam proses Attock Petroleum Limited (APL) seperti manajemen rantai pasok dengan teknik rekayasa ulang proses bisnis sebagai pendekatan tradisional sangat mempengaruhi kinerja perusahaan. Wawancara tidak terstruktur telah dilakukan untuk mengumpulkan informasi seiring dengan penggunaan beberapa sumber data sekunder.

Dengan menerapkan teknik BPR yaitu pemasangan pengukur tangki mobil, sistem pelacakan kendaraan dan pembentukan pusat akuisisi data terpusat, pemalsuan produk dan atau pencurian bahan bakar juga dapat dikendalikan dan tentunya akan membantu perusahaan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dan menangkap pangsa pasar yang lebih baik. . Perusahaan juga dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 20% dan mengurangi sumber daya manusia sebesar 30% sehingga menghasilkan penghematan bagi perusahaan.



Comments

Popular Posts